Kontraktor HVAC – Pemilihan AC (Air Conditioner) yang tepat sangat penting untuk kenyamanan di rumah atau kantor. Dengan banyaknya pilihan di pasaran, berikut adalah beberapa rekomendasi AC terbaik dengan harga 2-3 jutaan

LG AC Wall Mounted Split Standard New Hercules 1/2 PK – H05TN4

AC ini merupakan model terbaru dari LG yang dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik. LG dikenal dengan produk-produk elektroniknya yang berkualitas dan tahan lama. AC ini memiliki desain yang elegan dan modern, cocok untuk segala jenis interior rumah.

Polytron AC Wall Mounted Split Standard Deluxe2 1/2 PK – PAC-05VH

AC ini memiliki spesifikasi anti karat (evaporator dan kondensor), serta fitur auto cleaning yang dapat membersihkan evaporator secara otomatis dan mengurangi timbulnya debu dan bakteri. Polytron adalah merek lokal yang telah terbukti kualitasnya dalam produk elektronik.

Daikin AC Wall Mounted Split Standard Breeze 1/2 PK – FTP15AV14 + RP15AV14

AC ini memberi anda keseimbangan sempurna antara efisiensi energi, kemudahan penggunaan dan produk yang ramah lingkungan. Daikin adalah merek internasional yang terkenal dengan produk AC-nya yang berkualitas dan efisien.

Sharp AH-A5UCY

Model ini menawarkan pendinginan cepat dengan harga yang cukup ramah di kantong. Sharp adalah merek yang telah lama dikenal di Indonesia dengan produk-produk elektroniknya yang berkualitas.

Aqua AQA-KC105AG6

AC ini dilengkapi dengan fitur filter vitamin C dan antioksidan (I Feel Function), yang mana terdapat sensor untuk menghasilkan udara dingin sesuai temperatur dan kondisi ruangan. Aqua adalah merek lokal yang terkenal dengan produk AC-nya yang berkualitas dan harga yang terjangkau.

Baca juga Macam-Macam Mode Pada Penggunaan AC dan Cara Merawatnya

Bagaimana Cara Merawat AC Agar Tahan Lama?

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat AC agar tahan lama

Jadwal Pemeliharaan: Bawalah AC Anda setidaknya setahun sekali untuk perawatan. Hal ini akan memastikan bahwa semua aspek AC berfungsi dengan benar dan dapat memperpanjang usia AC.

Ubah Filter: Jika filter AC sobek atau bengkok dengan cara lain, Anda harus menggantinya sesegera mungkin. Bersihkan filter AC minimal 1 bulan sekali untuk menjaga kualitas udara yang dihasilkan.

Vakum Unit AC: Jika AC sudah berusia sekitar lima tahun atau lebih, masuk akal untuk menyedotnya setidaknya setahun sekali. Hal ini dapat membantu mencegah penumpukan debu dan kotoran yang dapat mengganggu kinerja AC.

Bersihkan Kumparan Kondensor: Membersihkan kumparan kondensor AC akan membantu unit AC bekerja lebih efisien. Kumparan kondensor yang kotor dapat menghambat aliran udara dan mengurangi efisiensi AC.

Jaga Rumah pada Suhu yang Konsisten: Menjaga rumah pada suhu yang konsisten dapat membantu menghemat biaya energi dan memastikan unit AC tidak rusak.

Jaga Rumah Terisolasi dengan Baik: Jika unit AC berada di luar rumah, pastikan rumah terisolasi dengan baik guna membantu mencegah angin kencang dan memastikan AC tidak harus bekerja terlalu keras untuk mempertahankan suhu yang nyaman.

Cuci Evaporator dan Kondensor AC: Cuci evaporator dan kondensor AC minimal 6 bulan sekali untuk menjaga kinerja AC.

Periksa Freon AC: Periksa freon AC minimal 1 tahun sekali. Freon yang kurang dapat mengurangi kinerja AC dan membuat AC bekerja lebih keras.

Gunakan Suhu AC yang Wajar: Suhu ideal AC adalah 22°C – 25°C. Mengatur suhu AC pada rentang ini dapat membantu menghemat energi dan menjaga kenyamanan di dalam ruangan.

Matikan AC Saat Tidak Digunakan: Mematikan AC saat tidak digunakan dapat menghemat energi dan memperpanjang usia AC.

Dengan memilih AC yang tepat dan melakukan perawatan yang baik, Anda dapat menikmati udara sejuk dan segar di rumah atau kantor Anda tanpa harus khawatir dengan biaya listrik yang tinggi atau masalah dengan AC. Semoga informasi ini bermanfaat!



Tinggalkan Balasan