Kontraktor HVAC – Air Conditioner (AC) adalah perangkat yang sangat penting, terutama di daerah dengan suhu tinggi. Namun, seringkali kita menemukan AC yang cepat rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa penyebab umum yang bisa membuat AC cepat rusak dan cara mengatasinya

Lupa Mengganti Filter AC

Salah satu penyebab utama AC cepat rusak adalah lupa mengganti filter AC. Kotoran dan sampah yang menumpuk di dalam membuat kapasitor AC harus bekerja lebih keras. Semakin keras AC bekerja, semakin cepat terbakar. Oleh karena itu, penting untuk mengganti filter AC secara berkala, setidaknya setiap tiga bulan sekali, atau lebih sering jika AC digunakan secara intensif.

Jarang Mencuci AC

Jika AC jarang dicuci atau tidak dicuci secara berkala, maka kotoran dan debu yang menempel di unit AC indoor akan menghambat kinerja AC untuk mendinginkan ruangan. Oleh karena itu, mencuci AC secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerja AC. Sebaiknya, cuci AC setidaknya dua kali dalam setahun, atau lebih sering jika AC digunakan secara intensif.

Pipa AC Tidak Sesuai Standar

Pipa yang terlalu tipis akan mudah menyebabkan kebocoran freon pada AC tersebut. Jika freon kurang dan AC dipaksakan bekerja, inilah yang jadi penyebab AC cepat rusak. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan pipa yang sesuai standar dan melakukan pengecekan rutin untuk mencegah kebocoran freon.

Kapasitas PK Tidak Sesuai Luas Ruangan

Jika ruangan Anda terlalu besar untuk kapasitas PK yang kecil, maka AC akan bekerja lebih keras pada kompresornya sehingga AC pun akan cepat rusak jika hal tersebut terus menerus dipaksakan. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih AC dengan kapasitas PK yang sesuai dengan luas ruangan Anda.

Menggunakan AC Secara Terus-menerus

Salah satu faktor yang menyebabkan AC cepat rusak adalah menggunakan AC secara terus-menerus tanpa henti. Ini akan membuat komponen-komponen di dalam AC bekerja terus menerus dan bisa menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, berikan waktu istirahat pada AC Anda, setidaknya matikan AC selama beberapa jam setiap hari.

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Tegangan listrik yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab AC cepat rusak. Fluktuasi tegangan bisa merusak komponen elektronik di dalam AC. Oleh karena itu, pastikan tegangan listrik di rumah Anda stabil. Jika perlu, gunakan stabilizer listrik untuk menjaga stabilitas tegangan.

Tidak Memperhatikan Kondisi Freon

Freon adalah gas yang digunakan oleh AC untuk mendinginkan udara. Jika kondisi freon tidak diperhatikan dan freon berkurang, maka AC akan bekerja lebih keras dan bisa cepat rusak. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pengecekan dan pengisian freon secara berkala.

Baca juga Alasan Mengapa Perawatan Filter AC Harus Dilakukan

Apakah ada tanda-tanda bahwa AC perlu diperiksa oleh teknisi?

Tentu, berikut adalah beberapa tanda bahwa AC Anda mungkin perlu diperiksa oleh teknisi

AC Tidak Dingin: Ini adalah tanda yang paling umum dan jelas. Jika AC Anda tidak lagi mendinginkan ruangan seefektif sebelumnya, atau bahkan sama sekali tidak dingin, ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah.

AC Membuat Suara yang Aneh: Jika Anda mendengar suara berdengung, bergetar, atau suara lain yang tidak biasa dari unit AC Anda, ini bisa menjadi tanda bahwa ada komponen yang rusak atau longgar.

AC Mengalirkan Air Lebih Banyak dari Biasanya: Jika Anda melihat air bocor atau AC Anda menghasilkan lebih banyak kondensasi dari biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dengan sistem drainase AC Anda.

AC Sering Mati Sendiri: Jika AC Anda sering mati sendiri atau sulit untuk dinyalakan, ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dengan sistem listrik AC Anda.

Bau yang Tidak Biasa: Jika Anda mencium bau yang tidak biasa seperti bau hangus atau bau kimia lainnya, ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah serius dengan AC Anda.

Freon Sering Habis: Jika Anda sering harus mengisi ulang freon AC Anda, ini bisa menjadi tanda bahwa ada kebocoran.

Dengan memahami penyebab-penyebab di atas, kita bisa melakukan pencegahan dan perawatan yang tepat untuk AC kita, sehingga AC bisa berfungsi dengan baik dan tahan lama. Selalu ingat untuk melakukan perawatan secara berkala dan menggunakan jasa teknisi AC yang berpengalaman jika diperlukan. Dengan perawatan yang tepat, kita bisa menikmati kenyamanan udara sejuk dari AC kita tanpa harus sering mengalami kerusakan.



Tinggalkan Balasan