Kontraktor HVAC – Air Conditioner (AC) adalah alat yang sangat penting untuk menciptakan suasana nyaman di dalam ruangan. Namun, terkadang AC baru tidak memberikan kesejukan seperti yang diharapkan. AC yang terasa kurang dingin sebenarnya bukan hanya bisa terjadi pada AC yang  memiliki usia pakai yang sudah cukup lama, juga bisa juga dialami oleh AC yang baru terpasang. Nah apa yang menjadi  penyebab AC baru terasa kurang dingin? Temukan jawabannya sebagai berikut

Penempatan AC yang Tidak Tepat

Penempatan AC yang tidak tepat dapat mempengaruhi kinerja AC. Misalnya, jika AC dipasang di tempat yang terkena sinar matahari langsung, AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan, yang bisa mengurangi efisiensi dan efektivitasnya. Solusi: Pastikan AC dipasang di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Kesalahan Setting pada Remote AC

Kesalahan setting pada remote AC juga bisa menjadi penyebab AC tidak dingin. Pastikan Anda telah mengatur suhu dan mode operasi dengan benar. Jika suhu terlalu tinggi atau mode tidak tepat, AC mungkin tidak akan mendinginkan ruangan dengan efektif. Solusi: Pelajari cara pengaturan remote AC dan pastikan Anda mengatur suhu dan mode dengan benar.

Kebocoran Freon pada Unit Outdoor

Freon adalah gas yang digunakan oleh AC untuk proses pendinginan. Jika ada kebocoran freon pada unit outdoor, AC tidak akan bisa mendinginkan ruangan dengan baik. Kebocoran ini biasanya disebabkan oleh instalasi yang kurang tepat atau kerusakan pada komponen AC. Solusi: Lakukan pengecekan rutin pada unit outdoor dan pastikan tidak ada kebocoran freon.

Kesalahan Saat Instalasi Pipa

Instalasi pipa yang salah bisa menyebabkan masalah pada sistem sirkulasi freon. Jika pipa terlalu panjang atau memiliki banyak belokan, freon mungkin tidak akan bisa mengalir dengan baik, yang bisa mengurangi kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan. Solusi: Pastikan instalasi pipa dilakukan dengan benar dan sesuai dengan petunjuk pabrik.

Tidak Divakum

Proses vakum adalah langkah penting dalam instalasi AC. Jika proses ini diabaikan, udara dan kelembaban bisa terperangkap di dalam sistem, yang bisa mengurangi efisiensi dan efektivitas AC. Solusi: Pastikan proses vakum dilakukan saat instalasi AC.

Terlalu Banyak Barang di Dalam Ruangan

Jumlah barang di dalam ruangan juga bisa mempengaruhi kinerja AC. Barang-barang ini bisa menyerap dingin dan menghalangi sirkulasi udara, yang bisa membuat AC bekerja lebih keras dan mengurangi efisiensi. Solusi: Atur barang-barang di dalam ruangan dengan baik dan pastikan sirkulasi udara tidak terhalang.

Baca juga Tips Memilih AC yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Ukuran AC yang Tidak Sesuai

Ukuran AC harus sesuai dengan ukuran ruangan. Jika AC terlalu kecil untuk ruangan, AC mungkin tidak akan bisa mendinginkan ruangan dengan efektif. Sebaliknya, jika AC terlalu besar, AC mungkin akan sering mati-hidup, yang bisa mengurangi umur AC. Solusi: Pilih ukuran AC yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan ruangan Anda.

Dengan memahami penyebab-penyebab di atas, Anda bisa mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memastikan AC Anda bekerja dengan optimal. Selalu konsultasikan dengan profesional jika Anda merasa AC Anda tidak bekerja dengan baik.

Jika Anda membutuhkan jasa perbaikan, instalasi, dan perawatan AC di daerah Medan dan Deli Serdang, silahkan hubungi kami di HVACR Nusantara. Kami adalah spesialis AC yang berpengalaman dan terpercaya. Kami siap membantu Anda untuk memastikan AC Anda selalu dalam kondisi terbaik. Hubungi kami sekarang juga!



Tinggalkan Balasan