Kontraktor HVAC – Pemasangan AC baru di rumah atau kantor Anda bukanlah tugas yang mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan bahwa AC Anda bekerja dengan efisiensi maksimal dan memberikan kenyamanan optimal. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat melakukan instalasi AC baru, serta memberikan beberapa tips praktis untuk membantu Anda melakukannya dengan benar.

Hal Penting Diperhatikan Ketika Melakukan Instalasi AC

Sebelum Anda mulai menginstal AC baru, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Dari arah embusan angin hingga lokasi pemasangan, setiap detail penting untuk kinerja dan efisiensi AC Anda.

Arah Hembusan Angin

Salah satu faktor penting dalam instalasi AC adalah arah embusan angin. Arah embusan angin yang langsung mengarah ke tubuh penghuni ruangan dapat menyebabkan kesehatan terganggu, seperti masalah pernapasan dan kulit kering. Oleh karena itu, sebaiknya atur arah embusan angin AC agar tidak langsung mengarah ke area tempat duduk atau tidur.

AC Tidak Berada di Atas Peralatan Elektronik

Pemasangan AC di atas peralatan elektronik dapat berisiko kerusakan pada peralatan tersebut jika terjadi kebocoran air dari AC. Air yang menetes dari AC dapat merusak peralatan elektronik dan menyebabkan korsleting listrik. Oleh karena itu, hindari pemasangan AC di atas televisi, komputer, atau peralatan elektronik lainnya.

Pilih Lokasi yang Cukup Luas

Lokasi pemasangan AC yang sempit dapat menghambat sirkulasi udara dan mengurangi efisiensi kerja AC. Pastikan lokasi pemasangan AC memiliki ruang yang cukup untuk sirkulasi udara. Selain itu, pastikan juga tidak ada halangan di depan saluran keluar AC, seperti perabotan atau dekorasi ruangan.

Tips Melakukan Instalasi AC Baru yang Baik

Setelah Anda memahami apa yang perlu diperhatikan, selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan instalasi AC dengan benar.?

Posisi Unit Indoor

Posisi unit indoor sangat mempengaruhi efisiensi kerja AC. Unit indoor sebaiknya dipasang pada ketinggian minimal 2,5 meter dari lantai untuk memastikan distribusi udara dingin yang merata. Selain itu, hindari pemasangan unit indoor di dekat sumber panas atau cahaya matahari langsung yang dapat mempengaruhi sensor suhu AC.

Posisi Unit Outdoor

Unit outdoor atau unit kondensor harus dipasang di tempat yang teduh dan memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mencegah overheating. Pastikan unit outdoor tidak terkena paparan air hujan langsung yang dapat merusak komponen elektroniknya.

Pipa Penghubung Unit Indoor dan Outdoor

Pipa penghubung antara unit indoor dan outdoor harus dipasang dengan baik dan benar. Pastikan tidak ada kebocoran pada pipa tersebut yang dapat mengakibatkan penurunan performa AC dan kerusakan pada komponen AC.

Jalur Pembuangan Air AC

Jalur pembuangan air AC harus dibuat sedemikian rupa sehingga air dapat mengalir dengan lancar dan tidak menimbulkan genangan. Genangan air dapat menimbulkan masalah seperti pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan penghuni ruangan.

Percayakan kepada Ahli

Untuk hasil yang optimal dan meminimalisir risiko kerusakan, sebaiknya percayakan instalasi AC Anda kepada ahli. HVACR Nusantara adalah teknisi handal AC di Sumatera Utara yang berpengalaman dalam bidang ini. Dengan menggunakan jasa mereka, Anda tidak perlu khawatir tentang proses instalasi dan dapat menikmati udara sejuk dari AC baru Anda dengan cepat dan aman. Kunjungi situs web hvacrnusantara.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan melakukan pemesanan jasa.



Tinggalkan Balasan